Foto bersama Narasumber dan Pengurus APPPTMA

Dr. H. Adi Mansar Lubis, SH., M.Hum paparkan materinya dihadapan 179 Peserta Seminar Konferensi Nasional ke-IX terkait Rekonstruksi Sistem Pendidikan Nasional Untuk Penguatan & Perlindungan Warga Negara Berbasis Nilai Pancasila, di Aula GKB IV DPPs Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (14/12/19).

Foto bersama Narasumber dan Pengurus APPPTMAKetua Program Studi S2 Notariat PPs Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) tersebut menguraikan alasan mendasar betapa pentingnya rekosntruksi sistem pendidikan.

“Rekonstruksi perlu dilakukan karena perkembangan IPTEK yang sangat cepat, sehingga perlu perlindungan yang lebih luas dan lebih baik terhadap warga negara atas penerapan dan perkembangan IPTEK dan diharapkan bisa selaras dengan tujuan bernegara, berbangsa sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila” paparnya

Dosen dengan pangkat lektor tersebut juga menjelaskan bahwa sebenarnya humanisasi IPTEK sudah jelas termaktub di dalam Sila ke-2 Pancasila.

“Sederhana namun luput dalam pemikiran bahwa rekonstruksi pendidikan dan IPTEK minimal mampu memanusiakan manusia, termasuk mengurangi ketergantungan dan kebendaan dan paling penting adalah melawan kebencian dan berita bohong (hoax).

Secara spesifik Adi menawarkan 3 poin yang harus dilakukan dalam memastikan IPTEK benar-benar humanis

“Pertama melawan konsep dehumanisasi yang objektivasinya teknologi, ekonomi, budaya dan negara, kedua melawan agresivitas baik kolektif dan kriminalitas, ketiga adalah melawan loneliness berupa privatisasi maupun individualis”

Adi pun menegaskan perlu adanya penguatan terhadap Ilmu Pengetahuan sebagai buah budi harus mengedepankan nilai-nilai Kemanusiaan, Keadilan dan Keadapan karena Teknologi tidak diperkenankan menggantikan peran manusia dalam beberapa hal yang hakiki seperti pandangan Humanisme Sekuler

By appptma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *